miss-moza5 Cara Memaafkan Kesalahan Pasangan – Anda dan juga pasangan anda adalah manusia biasa yang mustahil tanpa berbuat kesalahan, dalam kehidupan sehari-hari tak terkecuali dalam hubungan asmara. Semua manusia di dunia ini pasti pernah melakukan kesalahan. Entah itu dimulai dari kesalahan yang kecil sampai kesalahan fatal, bermula dari permasalahan yang kecil maupun masalah besar. Meski dalam hubungan antara anda dan pasangan penuh dengan cinta dan kasih sayang, tak dapat dipungkiri bila memaafkan kesalahan orang lain meski itu memaafkan orang yang kita cintai sekalipun merupakan hal yang tidak mudah. Bahkan rasa marah dan kecewa sering timbul jika orang yang melakukan kesalahan adalah orang yang kita sayangi. Perasaan marah dan kecewa inilah yang membuat seseorang berpikir dua kali untuk memaafkannya.

Namun perlu diingat bahwa sebesar apapun kesalahan pasangan kita wajib untuk memaafkannya. Ibarat kata, meski anda setelah itu meninggalkannya tetapi bukanlah suatu hal yang baik menjadi seorang manusia pendendam. Jangankan pasangan, bahkan mantan yang menyakiti anda sekalipun anda wajib untuk memaafkannya agar bisa move on dan menjalani hubungan baru dengan tenang.

Terkadang kesalahan pasangan tidak begitu besar dan masih bisa anda tolerir, namun tetap saja hati anda begitu berat untuk memaafkannya. Kemudian apa yang anda harus lakukan ketika anda berada pada situasi seperti ini? Coba lakukan beberapa tips dan cara memaafkan pasangan ala Miss Moza berikut ini :

1. Ingatlah masa indah bersamanya

Ketika hati terasa berat untuk memaafkan pasangan, maka cobalah untuk mengenang masa-masa indah ketika bersamanya. Kalian berdua tentu pernah menjalani masa-masa yang indah berdua, melalui moment yang membahagiakan saat bersama. Misalnya ketika kalian berdua sedang kencan di tempat romantic, tengah menikmati malam yang indah serta mengenang masa-masa pedekate yang begitu manis. Moment bahagia itu akan membuat hati mengingat masa yang menyenangkan, membahagiakan, dan merasa nyaman. Jangan mengingat kesalahan yang pernah ia perbuat pada anda, karena hal tersebut akan mengahalangi anda memaafkan kesalahannya.

2. Jangan mengingatnya lagi

Apabila anda sulit memaafkan kesalahan pasangan anda, maka cobalah untuk tidak mengungkit-ungkit kembali kenangan pahit bersamanya. Apalagi mengingat kesalahan-kesalahan pasangan. Karena apabila hati sedang tidak dalam kondisi yang lega, kesalahan yang kecil sekalipun akan memicu emos yang berkepanjangan. Banyak sekali pasangan yang tidak harmonis hanya karena terus mengingat kesalahan pasangan satu sama lain. Mengungkit kesalahan pasangan hanya akan memicu timbulnya masalah baru, jadi lupakan saja permasalahan yang sebenarnya pernah terselesaikan.

Baca Artikel kami lainnya : 7 Hal Romantis yang Diinginkan Wanita dari Pasangannya!

3. Ikhlas

Ikhlas harus selalu anda sertakan apabila anda telah siap memaafkan kesalahan pasangan. Jangan melakukannya karena terpaksa, apabila memang belum bisa ikhlas lebih baik anda tidak memaafkannya dahulu. Keterpaksaan dalam memaafkan juga bisa menimbulkan konflik baru dalam hubungan. Masalah pun tak kunjung tuntas. Bila anda memang butuh waktu untuk memaafkan, jujurlah saja pada pasangan dan mintalah waktu sampai anda bisa ikhlas untuk memaafkannya.

4. Selalu ingat Mengapa kamu mencintainya

Alasan mengapa anda mencintai pasangan anda sangatlah penting untuk anda ingat. Bawa selalu ingatan tentang hal ini bila anda mulai merasa berat untuk memaafkan kesalahan pasangan anda. Dengan mengingat alasan anda mencintai pasangan, kamu pasti akan lebih mudah memaafkannya. Hal ini juga mampu menjaga hubungan baik antara anda dan pasangan, jangan terfokus hanya pada kesalahan yang ia perbuat.

5. Jadilah sosok pemaaf

Bila pasangan anda sudah menyadari kesalahannya dan meminta maaf pada anda dengan tulus, maka apa yang akan anda lakukan selanjutnya? Jangan menggantungkan jawaban atas permintaan maafnya, karena hal ini tidaklah baik bagi hubungan anda. Menyendiri dan merenung mungkin perlu anda lakukan untuk memberikan jawaban maaf, maka dari itu menyendiri dan merenunglah hingga anda menemukan waktu yang tepat untuk memaafkan. Bagaimanapun sifat dasar anda, bagaimanapun kesalahan pasangan anda berusahalah untuk menjadi sosok pemaaf. Ingatlah bagaimana bila suatu saat anda yang berbuat kesalahan dan pasangan anda enggan untuk memaafkan? Bagaimana perasaan anda? Pasti anda sangat menyesal dan ingin kembali memutar waktu bukan? Maka dari itulah, memaafkan itu penting apalagi dalam hubungan asmara!

mustika-aura-cinta-1